Selasa, 15 Februari 2011

Prediksi 8 Soal UN SMP

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara menghitamkan bulatan pilihan a, b, c, atau d pada lembar jawab!

  1. Penerapan teknologi tepat guna merupakan solusi penanggulangan kemiskinan di pedesaan. Teknologi tepat guna memiliki manfaat besar dalam penanggulangan kemiskinan tersebut. Selain harganya relatif murah, teknologi tepat guna ramah lingkungan. Di samping itu, pemanfaatannya pun sangat sederhana sehingga masyarakat dengan mudah menggunakannya.

Isi tajuk rencana di atas adalah ….

a. Penerapan teknologi tepat guna merupakan solusi penanggulangan kemiskinan di pedesaan

b. Teknologi tepat guna memiliki manfaat besar dalam penanggulangan kemiskinan

c. Selain harganya relatif murah, teknologi tepat guna ramah lingkungan

d. Di samping itu pemanfaatannya pun sangat sederhana sehingga masyarakat dengan mudah menggunakannya

  1. Toko Sumber Rejeki menyediakian berbagai bahan tekstil dan jenis pakaian (1). Ada bahan celana dan bahan baju laki-laiki dari berbagai merk (2). Baju jadi untuk laki-laki dan wanita juga tersedia dalam berbagai merk (3). Demikian juga baju-baju untuk ukuran remaja (4).

Kalimat utama paragraph di atas terdapat pada kalimat ….

a.1

b.2

c.3

d.4

3. Anak-anak penderita kekurangan gizi memiliki kekebalan tubuh yang rendah (1). Rendahnya kekebalan tubuh biasanya menyebabkan anak mudah terkena infeksi (2). Penyakit infeksi yang senantiasa mengintai adalah diare dan saluran pernafasan (3). Menurut dokter, kedua penyakit itu dapat menyebabkan kematian (4).

Fakta pada paragraf di atas dapat ditunjukkan pada kalimat …

a. ( 1 )

b. ( 2 )

c. ( 3 )

d. ( 4 )

  1. Para pengusaha di kabupaten Pekalongan mengeluhkan pemadaman listrik yang terjadi bebrapa pekan terakhir. Keluhan tersebut disampaikan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Pekalongan. Pemadaman tersebut akan mengganggu proses produksi perusahaan tekstil dan rumahan. Pemadaman tersebut juga dikhawatrikan akan mengakibatkan kerusakan mesin-mesin dan peralatan lainnya.

Kalimat-kalimat dalam paragraf di atas yang merupakan pendapat adalah kalimat ….

a. pertama dan kedua

b. kedua dan ketiga

c. ketiga dan keempat

d. kedua dan keempat

5. Berdasarkan denah di atas, pernyataan yang benar adalah ….

    1. Jalan Raya Fatmawati berada di sebelah utara RS Fatmawati
    2. ITC Depok terletak di sebelah timur Mall Cinere
    3. DTC terletak di antara Mall Depok dan ITC Depok
    4. RS Cinere dan RS Fatmawati berhadap-hadapan

  1. Pertanyaan yang jawabannya sesuai isi grafik di atas adalah ….

a. Berapakah selisih jumlah pengunjung perpustakaan bulan September dan

Oktober?

b. Mengapa jumlah pengunjung bulan Juli lebih sedikit darpada bulan Agustus?

c. Apa sebabnya jumlah pengunjung dari kelas 8 di bulan Oktober paling sedikit?

d. Langkah-langkah apa yang perlu dilakukan untuk menambah jumlah

pengunjung?

  1. (1) Perjalanan hidup manusia berubah-ubah atau tidak tetap.(2) Suka duka selalu mengiringi perjalanan hidup manusia. (3) Kadang di atas kadang di bawah. Ketika di atas, hati riang gembira. (4) Sebaliknya, tatkala sedang di bawah, perasaan senang sirna menjadi sedih dan duka.

Kalimat yang berupa fakta pada teks di atas ditandai dengan nomor ….

a. (1) b. (2) c. (3) d. (4)

  1. (1) Hari Pers Nasional 2006 telah diperingati di gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/2). (2) Presiden SBY bersama sejumlah menteri dan wartawan serta tokoh-tokoh senior pers sepakat, agar memberi ruang gerak bagi semua pihak untuk menjawab kritikan dan kecaman oleh pers. (3) Saling menyampaikan kritikan atau saling memberi dan menerima jawaban atas kritikan adalah bagian dari komunikasi. (4) Ada juga yang menarik dari sambutan presiden, yaitu dinyatakan bahwa tidak ada pembredelan atau pemberangusan pers.

Kalimat yang menyatakan opini pada teks di atas adalah kalimat nomor ….

a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

  1. Hari pertama pengoperasian Trans Metro Bandung (TMB), Senin 22 Desember2008 disambut para sopir angkutan umum dengan aksi demo

dan mogok serta perusakan empat bus Damri dan satu bus TMB. Para sopir

perusakan empat bus Damri dan satu bus TMB. Para sopir menolak karena para sopir busway versi Bandung dianggap menyerobot pendapatan mereka.

Aksi mogok ini membuat arus transportasi di sebagian kota Bandung lumpuh.

Kritik yang tepat dan sopan terhadap sikap para sopir angkutan umum adalah ….

a. Penolakan beroperasinya TMB sangat disayangkan dan terkutuk karena itu

untuk kepentingan umum juga.

b. Penolakan dengan perusakan adalah perbuatan yang sangat biadab dan tidak bertanggung jawab.

c. Sebaiknya sikap penolakan yang dilakukan oleh para sopir angkutan umum dilakukan dengan cara bermusyawarah dan tidak disertai dengan perusakan.

d. Sikap para sopir memmang wajar dilakukan dengan cara menggunakan

kekuatannya karena pendapatan mereka terganggu.

  1. Bacalah kutipan teks berita berikut untuk menjawab soal nomor 10!

Teks 1

Misteri dan rasa penasaran menjadi bagian dalam bidang arkeologi bawah air.

Ketika ahli kelautan Robert Ballard mencari bangkai kapal Titanic pada tahun 1985,

tidak ada yang pernah mencurigai bahwa ekspedisinya tidak sekadar bertujuan ilmu

pengetahuan. Belakangan barulah Ballard mengakui bahwa pencarian bangkai kapal yang tenggelam secara tragis itu sebenarnya hanyalah tameng bagi

misi rahasia Angkatan Laut AS untuk menyelidiki jenis kapal selam bertenaga nuklir

dari era perang dingin.

Teks 2

Dua kapal selam, USS Tresher dan USS Scorpion tenggelam di Samudera

Atlantik pada dekade 1960-an. Tresher tenggelam ketika menggelar latihan selam

tahun 1963 di kedalaman 5500 kaki , dengan 112 awak dan 17 teknisi nonmiliter di

dalamnya. Tampak kapal itu tenggelam karena kebocoran pada pipa atau patrian yang kemudian membanjiri ruang mesin sehingga membuat mesin gagal berfungsi dan kapal pun tenggelam.

Kesamaan isi informasi kedua teks berita tersebut adalah ….

a. misi rahasia pencarian kapal

b. pencarian kapal

c. tugas para ahli kelautan

d. kapal tenggelam

  1. Teks Berita 1

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memulai sertifikasi kesehatan unggas secara bersamaan di berbagai lokasi. Dana sebesar 3 milyar rupiah dianggarkan untuk sertifikasi itu. Proses sertifikasi unggas hias ditandai dengan pemeriksaan 11 unggas milik Gubernur DKI di rumah dinasnya. Hal itu dilaksanakan pada tanggal 11 September 2006.

Teks Berita 2

Setelah unggas hias milik Gubernur DKI Jakarta, hari ini 11/9 giliran unggas milik para menteri di kompleks Widya Chandra akan dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendapatkan sertifikat sehat. Dana yang disediakan mencapai milyaran rupiah untuk pemeriksaan unggas tersebut. Petugas kesehatan diterjunkan ke berbagai lokasi untuk melaksanakan program tersebut.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ….

Pilihan

Teks Berita 1

Teks Berita 2

a.

Apa-siapa-kapan-berapa

Siapa- di mana-berapa- bagaimana

b.

Siapa-berapa-bagaimana-kapan

Kapan-di mana-berapa-siapa

c.

Kapan-siapa-di mana-berapa

Siapa-di mana- berapa- bagaimana

d.

Siapa-berapa-bagaimana-apa

Di mana-berapa-siapa- kapan

12. JAKARTA, KOMPAS-Pemerintah tidak menyelesaikan satu pun masalah yang dialami petani secara tuntas. Hal tersebut terungkap dalam rapat kerja antara Menteri Pertanian Anton Apriyantono dan Komisi IV DPR, Rabu (18/6) di Jakarta. Masalah yang dihadapi petani selalu seputar kelangkaan dan tingginya harga pupuk, benih palsu, kekeringan, kebanjiran, infrastruktur parah, kualitas produksi hingga sulitnya mengakses sumber permodalan.”Masalah itu selalu muncul dan tidak satu pun yang diselesaikan secara tuntas, ujar anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PDI-P Jacobus M Padang. Menurutnya, idealnya petani hanya memproduksi. Mereka tidak harus berpikir bagaimana membeli pupuk, dari mana modal usaha, pupuk ada atau tidak, harga gabah jatuh atau tidak, serta bagaimana sawah mereka tidak kekeringan dan kebanjiran.

(Kompas: Kamis, 19 Juni 2008)

Pernyataan-pernyataan di bawah ini yang merupakan isi berita di atas adalah …

a. Masalah yang dialami petani merupakan masalah pemerintah yang harus diselesaikan secara tutas.

b. Pemerintah hendaknya menyelesaikan masalah yang dialami petani secara tutas.

c. Pemerintah tidak menyelesaikan satu pun masalah yang dialami petani secara tuntas

d. Masalah yang dialami pemerintah adalah bagaimana menuntaskan masalah petani

13..Selain akibat sebagian besar rumahnya yang masih terbuat dari bahan-bahan yang mudah terbakar seperti kayu dan tripleks, ancaman kebakaran di kawasan-kawasan kumuh juga terjadi akibat kurang mengertinya warga akan bahaya api. Sementara itu di pasar-pasar tradisional, sumber bahaya berasal dari bangunan yang umumnya sudah tua dan kurang terpelihara. Di samping itu, pengawasan dari pihak pemerintah dan pemeliharaan instalasi listrik masih sangat kurang.

Tanggapan yang logis terhadap masalah yang terdapat dalam kutipan berita di atas adalah ….

    1. Saya sangat setuju kalau orang atau warga di kawasan kumuh itu pindah ke rumah susun
    2. Rumah yang terbuat dari kayu dan tripleks sudah sepantasnya digusur saja daripada membahayakan
    3. Semua warga yang rumahnya dari kayu dan tripleks supaya mengganti bahan dari semen.
    4. Warga yang bertempat tinggal di daerah kumuh supaya di usir ke luar kota dan tidak boleh kembali

14. Perhatikan penggalan pidato pelapasan siswa kelas IX berikut.

Adik-adik yang kami sayangi. Tidak terasa perjalanan waktu telah kita alami selama tiga tahun. Akhirnya, waktu yang harus memisahkan kita. Dengan tenaga dan pikiran, Adik-adik telah berusaha keras untuk menyelenggarakan acara ini.

….

Pesan kami kepada adik-adik, belajarlah dengan rajin dan tekun, patuhilah nasihat ibu dan bapak guru, dan taatilah tata tertib sekolah.

Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian pidato yang rumpang di atas adalah …

a. Atas nama siswa kelas IX, kami menyampaikan ucapan terima kasih.

b. Bapak/Ibu telah membelajarkan dengan semangat yang tidak kenal lelah.

c. Orang tua telah membiayai dan membimbing kami dengan semangat baja.

d. Kami sangat berhutang budi terhadap adik-adik yang begitu baik dan tulus.

15. Tema : Penggunaan Alat Peraga dan Prestasi Belajar

Rumusan masalah sesuai dengan tema tersebut adalah …

a. Mengapa penggunaan alat peraga meningkatkan prestasi belajar?

b. Seberapa peran alat peraga dalam peningkatan prestasi belajar?

c. Apakah penggunaan alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar?

d. Betulkah setiap penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar?

16. Perhatikan bagian-bagian sistematika karya tulis berikut !

(1) Bagian Inti (5) Halaman Judul

(2) Pendahuluan (6) Penutup

(3) Daftar Isi (7) Kata Pengantar

(4) Lampiran (8) Daftar Pustaka

Bagian-bagian tersebut akan menjadi sistematika karya tulis yang benar bila disusun dengan urutan ….

a. (5), (7), (3), (1), (2), (6), (4), (8)

b. (5), (3), (7), (2), (1), (6), (4), (8)

c. (5), (7), (3), (1), (2), (6), (8), (4)

d. (5), (7), (3), (2), (1), (6), (8), (4)

17 . Bacalah dengan cermat paragraf berikut!

Jadi, peristiwa demonstrasi yang berbuntut bentrokan warga dan aparat itu

menunjukkan bahwa warga telah penat menunggu janji-janji tanpa bukti dari

manajemen Lapindo. Sementara itu, aparat bertindak kurang simpatik dalam

menanganinya.

Perbaikan yang tepat paragraf di atas agar efektif adalah….

a. menghilangkan kata sementara itu

b. menghilangkan kata jadi peristiwa

c. mengganti kata jadi dengan kata dalam

d. mengganti kata berbuntut dengan kata berakibat

18. Nh. Dini merupakan salah satu sastrawan yang produktif. Ia mulai dikenal lewat karyanya yang berupa kumpulan cerpen dan novel. Pada tahun 1956 dia menulis novelet hati yang damai. Sesudah itu karya-karya emasnya bermunculan, antara lain pada sebuah kapal (1973), sebuah lorong di kotaku (1978), langit dan bumi sahabat kami (1979) serta pangeran dari seberang (1978).

Penggunaan huruf kapital dalam menuliskan judul buku Nh. Dini yang tepat adalah ….

a. Hati Yang Damai, Sebuah Lorong Di Kotaku

b. Langit dan Bumi Sahabat Kami, Pangeran dari Seberang

c. Pada sebuah kapal, Sebuah lorong di kotaku

d. Hati yang damai, Pangeran dari seberang

19. Pada saat itu angin meniup kencang. Kapal yang menumpangi Malin Kundang terguncang-guncang. Angin bertiup semakin kencang, ombak berdebur-debur. Malin Kundang bertunduk kelu tidak bergerak ditempa angin menderu-deru. Kata-kata pilu dari ibu yang sengsara itu ternyata merupakan kutukan yang tidak mengira. Malin Kundang menjadi batu.

Pilihan kata yang tepat untuk memperbaiki paragraf tersebut adalah ..…

a. bertiup, ditumpangi, menunduk, terkira

b.meniup, penumpang, tertunduk, mengira

c. tertiup, berpenumpang, menunduk, kira-kira

d. bertiup, berpenumpang, menunduk, perkiraan

  1. Krisis global yang berawal di Amerika Serikat masih akan dirasakan dampaknya di Indonesia. Tahun 2009 justru diprediksi akan menjadi puncak krisis. Phk sudah mengancam ribuan tenaga kerja. Pelaksanaan pemilu 2009 semakin menambah suasana panas di negeri ini. Dua hal tersebut menguras energi semua elemen bangsa.

Informasi pokok pada paragraf di atas adalah….

a. krisis global yang melanda Amerikan Serikat

b. dampak krisis global yang dirasakan Indonesia

b. adanya PHK bagi ribuan tenaga kerja di Indonesia

c. pelaksanaan pemilu yang menguras energi elemen bangsa

21. Rendahnya minat baca pada siswa disebabkan oleh dua faktor. Faktor tersebut bersifat internal dan eksternal. Faktor internal antara lain, siswa tidak suka membaca, malas, dan kurangnya motivasi. Sedangkan faktor eksternal antara lain, terbatasnya jumlah dan keberagaman buku, serta kurang adanya keteladanan dari orang tua dan guru.

Gagasan utama paragraf di atas adalah …

a. faktor-faktor penyebab rendahnya minat baca siswa.

b. Siswa tidak suka membaca, malas, dan kurangnya motivasi.

c. Terbatasnya jumlah buku, serta kurang adanya keteladanan dari orang tua dan guru.

d. Perlunya diadakan upaya untuk meningkatkan minat baca siswa.

22. OSIS SMP Bakti Karya dan OSIS Karya Muda akan mengadakan kegiatan amal bakti dalam rangka cinta lingkungan. Kegiatan-kegiatan yang direncanakan yaitu melakukan kegiatan penanaman seribu pohon dan pemberian bibit pohon. Penanaman akan dilakukan di hutan yang terancam gundul. Sedangkan pemberian bibit pohon diberikan kepada setiap kepala RT di setiap desa sekitar sekolah.

Slogan yang paling menarik sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …

a. Cinta lingkungan bukti cinta pada anak cucu kita.

b. Mari kita lestarikan lingkungan alam demi anak cucu kita.

c. Lestari alamku, lestari anak cucuku.

d. Hijaulah alamku ,lestarilah lingkunganku

23. Perhatikan laporan kegiatan tersebut!

1. Tujuan kegiatan

  1. Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan
  2. Nama dan jenis kegiatan
  3. Keuangan atau biaya kegiatan
  4. Hasil pelaksanaan kegiatan
  5. Kesimpulan dan penutup

Susunan laporan kegiatan yang tepat berdasarkan hal-hal di atas adalah ….

a. 1, 2, 3, 4, 5, 6 c. 1, 3, 4, 5, 2, 6

b. 3, 1, 2, 5, 4, 6 d. 3, 2, 1, 4, 5, 6

24.. Perhatikanlah laporan berikut ini!

1. Acara dibuka dengan pelepasan balon oleh kepala sekolah.

2. Seperti tahun-tahun sebelumnya, panggung megah telah tertata rapi.

3. Pentas seni dalam rangka Dies Natalis SMP Negeri 75 merupakan kegiatan

tahunan yang sangat dinantikan siswa.

4. Disusul dengan grup band lainnya.

5. Sebagai puncak acara, tampil bintang tamu Ahmad Dhani yang membawakan

dua buah lagu.

6. Grup band pertama yang tampil adalah The Max dari kelas IX.

Urutan laporan jalannya acara yang tepat adalah ….

a. 2 – 1 – 3 – 4 – 6 – 5 c. 3 – 2 – 1 – 6 – 4 – 5

b. 3 – 1 – 2 – 6 – 4 – 5 d. 2 – 1 – 4 – 3 – 6 – 5

25.Sehubungan dengan akan diselenggarakan acara perpisahan siswa kelas IX, kami mohon kehadiran wali murid kelas IX pada

hari, tanggal : Senin, 12 Mei 2009

waktu : 08.00 sampai dengan selesai

tempat : Aula SMP Tunas Bangsa

..………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………….

Kalimat yang tepat sebagai penutup surat tersebut adalah …

  1. Atas perhatiannya, kami panitia perpisahan mengucapkan terima kasih.
  2. Besar harapan kami, Bapak/Ibu wali murid kelas IX dapat hadir semua. Terima kasih.
  3. Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu wali murid kelas IX kami mengucapkan terima kasih.
  4. Kami harap Anda semua hadir pada acara perpisahan kelas IX tersebut.

26.Penulisan alamat surat yang benar pada kepala surat berikut adalah …

a. ORGANISASASI SISWA INTRA SEKOLAH ( OSIS )

SMP NUSANTARA I SEMARANG

JL. Ahmad Yani 125, Semarang, Telp 789666



b. ORGANISASASI SISWA INTRA SEKOLAH ( OSIS )

SMP NUSANTARA I SEMARANG

Jln.Ahmad Yani No.125, Semarang, Telp 789666



c. ORGANISASASI SISWA INTRA SEKOLAH ( OSIS )

SMP NUSANTARA I SEMARANG

Jalan Ahmad Yani No.125, Semarang, Telepon 789666



d. ORGANISASASI SISWA INTRA SEKOLAH ( OSIS )

SMP NUSANTARA I SEMARANG

Jalan Ahmad Yani 125, Semarang, Telepon 789666.



29.Buat Faisal

Di Bandung

Salam kangen,

……………………………………

Aku ingin pergi membeli sepatu di Cibaduyut Bandung, tetapi aku tidak tahu daerah sana. Tolong nanti temani aku ya ! Aku yakin kamu tidak keberatan.

Kurasa suratku sekian dulu, kalau kamu bersedia menemaniku, aku segera ke rumahmu. Terima kasih. Maaf kalau ada salah.

Sahabatmu

Toni

Kalimat pembuka surat pribadi tersebut yang tepat adalah …

  1. Bagaimana kabarmu Faisal? Semoga kita selalu mendapat lindungan dari Allah SWT.
  2. Semoga keadanmu saat ini baik-baik saja Faisal, agar minggu depan aku bisa minta tolong kamu.
  3. Faisal, minggu depan aku akan main ke rumahmu karena mau minta tolong.
  4. Keadaanku saat ini baik-baik saja. Oleh karena itu, minggu depan aku mau ke rumahmu.

30.Perhatikan surat pribadi di bawah ini.

Semarang, 10 April 2008

Buat sahabatku Ratna

Di Surabaya

Salam manis,

Bagaimana kabarmu Ratna? sudah lama kita tidak berjumpa. Semoga kami sekeluarga sehat-sehat adanya seperti juga kami sekeluarga di Semarang.

Aku dengar kabar dari Andi, teman kita dulu, kamu berhasil memenangkan lomba siswa teladan tingkat kabupaten Pacitan. ……………………………………………………………………………………………………………………………

Tolong ceritakan bagaimana kamu bisa sukses seperti itu. Aku tunggu balasanmu. Tak lupa sampaikan salam hormatku kepada ayah dan ibumu.

Sekian dulu, terima kasih.

Sahabatmu

Dian

Isian yang paling tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dari surat pribadi di atas adalah ….

a. Selamat, kamu memang berhak untuk menang.

b. Selamt atas keberhasilanmu, aku turut berbahagia.

c. Kamu pantas menjadi juara karena usahamu giat.

d. Selamat ya, tetapi kamu tidak boleh sombong.

31. Bacalah dengan seksama petunjuk berikut !

(1) Apabila dalam tiga hari tidak ada perubahan konsultasikan kepada dokter

(2) Tuangkan isinya sebanyak satu sendok makan.

(3) Bukalah tutup botolnya.

(4) Minumlah tiga kali sehari

Urutan petunjuk minum obat yang benar adalah….

a. 2-3-1-4 c. 3-2-4-1

b. 1-3-2-4 d. 3-4-2-1

32. Perhatikanlah petunjuk pembuatan kue berikut!

1. Daging dipotong-potong menurut selera.

2. Bumbu-bumbu digiling sampai halus.

3. Bumbu dimasukkan ke dalam wajan panas yang sudah diberi mentega

4. Kalau bumbu sudah matang, masukkan daging.

5. ….

6. Kalau daging sudah masak baru diangkat.

Isian pada bagian yang rumpang di atas yang paling tepat adalah….

a. Kemudian angkat bumbunya

b. Berilah sedikit air

c. Ambil piring makan

d. Pisahkan bumbu dan daging

33. Kepala SMP Negeri 1 Medan tidak dapat menghadiri rapat kenaikan kelas karena harus mengikuti pelatihan di Jakarta. Ia member memo kepada Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum untuk menggantikannya memimpin rapat tersebut.

Isi memo yang tepat sesuai ilustrasi di atas adalah ….

A. Harap menggantikan saya mengikuti pelatihan di Jakarta.

B. Harap menggantikan saya memimpin rapat kenaikan kelas.

C. Hadiri rapat kenaikan kelas jika melibatkan kepala sekolah.

D. Harap hadiri rapat kenaikan kelas dan pelatihan di Jakarta.

  1. Pemilahan sampah organik dan anorganik perlu dibiasakan dari tingkat rumah tangga. Jika sampah bisa dipilah dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Sampah organik dapat dijadikan kompos. Sampah organik dapat dijual kepada pengepul.

Perbaikan yang tepat terhadap kalimat yang digaris bawahi adalah …

a. Jika sampah bisa dipilah, masyarakat akan diberikan nilai tambah.

b. Sampah bisa dipilah agar dapat memberikan nilai tambah.

c. Pemilahan sampah dapat memeberikan nilai tambah bagi masyarakat.

d. Sampah bisa dipilah jika dapat memeberikan nilai tambah.

35. Kamis, 14 Agustus 2008 pukul 10.00 WIB. Hari itu diadakan pertandingan futsal

di sekolahku untuk HUT Kemerdekaan RI ke-62. Setiap kelas wajib mengirimkan

tim futsalnya, baik putra maupun putri. Kebetulan, tim putri kelas kami

mendapatkan giliran untuk bertanding. Aku yang belum pernah bermain futsal

memberanikan diri untuk ikut memperkuat tim futsal kelasku. Sepanjang

pertandingan, aku hanya bisa berlari tanpa pernah menyentuh bola. Namun tak

disangka-sangka, saat timku sedang menyerang dan aku berlari, tak sengaja bola menyentuh kakiku dan masuk ke dalam gawang lawan. Gol itu membuat timku menang.

Perasaan yang tergambar dalam buku harian tersebut adalah ….

a. gembira b. sedih c. haru d. kesal

36. Perhatikan ilustrasi di bawah ini.

Siang itu Anita dimohon hadir di rumah Santi sahabatnya pukul 10.00 WIB. Undangan disampaikan Santi melalui SMS. Ada acara apa sebenarnya di rumah sahabatnya itu tidak dikatakan terus terang. Anita penasaran, ada apa sebenarnya. Anita pun berusaha untuk hadir tepat waktu. Sesampai di rumah Santi telah banyak juga teman-teman lainnya yang sudah hadir. Anita begitu gembira dan terharu karena ternyata teman-temannya memberinya ucapan dan hadiah ulang tahun yang tidak pernah ia sangka sebelumnya.

Kalimat-kalimat yang tepat ditulis Anita dalam buku hariannya berdasarkan ilustrasi di atas adalah ….

  1. Minggu, 15 Juni 2008. Tak pernah kuduga bila teman-temanku sangat memperhatikan dan menyayangiku. Di hari ulang tahunku yang ke-15 mereka memberiku kado yang sangat istimewa. Aku begitu gembira dan terharu karena hal itu tak pernah kuduga sebelumnya.
  2. Minggu, 15 Juni 2008. Santi dan kawan-kawan mengundangku untuk merayakan hari ulang tahunku. Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB. Mengapa mereka membuat acara seperti itu aku tidak tahu.
  3. Minggu, 15 Juni 2008. Aku diundang ke rumah Santi melalui SMS. Aku berusaha untuk datang tepat waktu. Ia membuatku penasaran. Ternyata mereka, teman-temanku menyayangiku. Apabila di suatu hari aku bisa merayakan ulang tahun seperti itu tentu aku akan senang dan berbahagia.

d. Minggu, 15 Juni 2008. Aku bahagia dan terharu. Teman-temanku pun ikut berbahagia. Acara di hari ulang tahunku sangat meriah di rumah Santi. Namun sayang, orang tuaku tidak bisa menyertaiku. Kapan lagi acara seperti ini akan diadakan lagi.

36. Paragraf yang berisi pengalaman pribadi adalah ….

a. Pada tanggal 3 – 5 September 2008, OSIS SMP N 75 mengadakan LDKS

(Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) di Cibodas. Kegiatan tersebut

dilaksanakan selain untuk menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan siswa

dan memupuk kecintaan pada alam, juga untuk meningkatkan rasa peduli

lingkungan. Kegiatan yang kami lakukan diikuti oleh 120 siswa kelas VII dan

VIII serta delapan guru pendamping.

b. Hari itu Ana sedang bermain panco dengan saudara sepupunya, Bagus.

Sungguhpun Ana seorang anak perempuan, hampir semua permainan anak

laki-laki disenanginya. Bagi dia tidak ada bedanya dengan permainan anak

perempuan, yang penting adalah kesenangan.

c. Peristiwa yang mungkin bagi kebanyakan siswa menakutkan, namun justru

selalu ditunggu-tunggu karena merupakan syarat kelulusan adalah ujian.

Ucapan yang selalu diingat adalah nasihat guru bahwa satu hal yang tidak bisa

kita hindari adalah ujian. Persiapan yang matang adalah suatu keharusan.

Sukses untuk kita.

d. Perayaan HUT RI ke-62 tidak akan pernah hilang dari ingatanku. Sungguh

lucu memang. Siang itu aku ikut lomba balap karung di lingkungan komplek

tempat tinggalku. Aku belum pernah ikut lomba balap karung. Aku ikut

karena dorongan teman-teman. Ternyata asyik juga ikut lomba itu. Berkalikali

karung yang kupakai melorot dan membuatku terjatuh

37. Ketika tembakan pertama di Gang Jaksa memecah kesunyian pagi, Guru Isa sedang berjalan kaki menuju k sekolahnya di Tanah Abang. Selintas masuk dalam pikirannya rasa waswas tentang keselamatan istri dan anaknya. “Ah, Fatimah akan berhati-hati,” pikirnya kemudian, “telah aku suruh dia jangan keluar rumah.” ………

Dengan hati-hati, puluhan jangkrik unggul itu dilepas. Aku tidak mengerti. Mengapa mahkluk yang diburu di seluruh pelosok desa itu dilepas? Padahal, dia telah mengeluarkan uang cukup banyak. Tetapi, begitu melihat matanya berair, aku merasakan kesedihan yang dalam. Setelah melihat orang itu berjalan ke arah perkebunan, entah mau kemana, aku pulang. Pulang dengan perasaan tidak menentu.

Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah….

a. kekuatiran dan kebingungan c. kesedihan dan kekuatiran

b.kebimbangan dan ketakutan d. ketakutan dan kesedihan

38. Bacalah kedua kutipan novel berikut dengan seksama!

Kutipan I

“Oleh sebab itu ,kupinta kepadamu ,Sam,”kata Nurbaya pula,”Bila engkau kelak beranak perempuan,jangan sekali-kali kau paksa kawin dengan laki-laki yang tiada disukainya…..

Aku ini ,sudahlah;sebab terpaksa menolong ayahku.”( “Siti Nurbaya”karya Marah Rusli )

Kutipan II

Tini tertawa,”Perlu,perlu,keperluan itu bukan dibuat-buat?”

……………………………………………………………..

Kalau menurut pendapat ibu,kemauanku mesti tunduk pada kemauan suami.Bukan Ibu,bukankah demikian?Kami masing – masing berkemauan sendiri-sendiri. Kalau dia pergi seorang diri,tiada sempat menemani aku,mengapa aku tidak boleh pergi seorang diri menyenangkan hatiku? ( “Belenggu” karya Armyn Pane )

Perbedaan karakter tokoh pada kedua kutipan novel tersebut adalah ….

A. Nurbaya rela berkorban, sedangkan Tini mementingkan diri sendiri

B.Nurbaya mementingkan diri sendiri, sedangkan Tini mementingkan suami.

C.Nurbaya tidak mudah menyerah,sedangkan Tini pasrah pada keadaan.

D.Nurbaya tidak memikirkan nasibnya,sedangkan Tini mudah berubah pikirannya.

39.Tidak mengherankan berita itu merupakan bom yang dahsyat bagi ibu.Nyonya Bustaman adalah ibu temanku, Treksi.Berkedudukan sama dengan kami dalam tingkat sosial sebelum Jepang masuk.Beberapa bulan yang lalu suaminya meninggal.Pada masa itu ,laki-laki di rmah adalah tiang penyangga hidup seluruh keluarga.Kalau dia hilang rumah dapt runtuh,isinya mati kelaparan. Apalagi di zaman serba sukar mencari isi perut.Barangkali itu alasan Bu Bustaman menjadi penjual pakaian bekas. ( “Padang Ilalang di Belakang Rumah” karya N.H.Dini )

Amanat kutipan novel tersebut adalah ….

A.Jangan merasa sedih bila kehilangan suami

B.Penjajah Jepang menyengsarakan keluarga Bustaman

C.Berjualan pakaian bekas agar tidak lapar

D.Berjuanglah mengatasi kesulitan hidup dan tidak menyerah pada keadaan

40.Mbok Jah menepati janjinya. Waktu sekaten dan Idul Fitri,dia memang datang.Seluruh keluarga Mulyono senang setiap kali dia datang.Bahkan, Kedono dan Kedini selalu rela ikut menemaninya duduk-duduk menglesat dihalaman masjid kraton untuk mendengarkan suara gamelan Sekaten yang hanya berbunyi tang-tung-tang-tung-grombyang itu. Malah lama kelamaan mereka dapat larut dan menikmati suasana Sekaten di mmasjid itu.

Latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah ….

a. Di halaman kraton

b. Di rumah keluarga Mulyono

c. Di halaman masjid

d. Di dalam masjid

41. Perhatikan paragraf berikut.

Sebuah negara perlu diatur dengan sistem pemerintahan yang dianggap bisa mengatasi dan mengayomi masyarakatnya. Salah satu sistem pemerintahan tersebut adalah demokrasi. Negara bisa menggunakannya. Bagi negara yang masyarakatnya berpendidikan cukup, sistem demokrasi bisa memajukan negara. Bagi negara yang masih perlu pendidikan, demokrasi adalah suatu bencana.

Simpulan paragraf di atas adalah ….

a. Sistem pemerintahan bisa mengayomi masyarakat.

b. Sistem pemerintahan adalah demokrasi.

c. Sistem demokrasi mempunyai kelemahan dan kelebihan.

d. Sistem demokrasi bisa memajukan negara.

42. Ridwan : “Fadli, kira-kira nilai bahasamu baik nggak?”

Fadli : “Tentu baik dong.”

Ridwan : “Pasti?”

Fadli : “Ya, pasti. Aku bisa mengerjakan, kok. Lain dengan kamu.”

Ridwan : “Lain bagaimana?”

Fadli : “Untuk mendapat nilai 7 saja kamu harus berjuang mati-matian.”

Ridwan : “Tapi aku puas karena nilai 7 itu hasil perjuanganku sendiri.”

Fadli : “Nilai bagiku itu kecil.”

Ridwan : “Walaupun hasil … Ah, sudahlah!”

Watak tokoh Ridwan dalam dialog drama tersebut adalah ….

a. ramah b. percaya diri c. pandai d. Rajin

43. Menyesal

( A. Hasjmy)

Pagiku hilang sudah melayang,

Hari mudaku sudah pergi,

Sekarang petang datang membanyang,

Batang usiaku sudah tinggi.

Aku lalai dihari pagi,

Beta lengah di masa muda

Kini hidup meracun hati,

Miskin ilmi, miskin harta.

…………………………………

Pesan yang terdapat dalam kutipan puisi tersebut adalah….

a. Ilmu adalah harta yang sangat bernilai.

b. Jangan sia-siakan waktu muda.

c. Carilah ilmu waktu masih muda saja.

d. Isilah masa muda dengan bersenang-senang.

44. Bacalah puisi berikut !

Pergi ke laut lepas, anakku sayang

Pergi ke alam bebas !

Selama hari belum petang

Dan warna senja belum kemerah-merahan

Menutup pintu waktu lampau

…………………………………

Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi puisi di atas adalah….

a. Teruslah pergi ke laut sampai petang.

b. Kejarlah cita – cita sampai ke ujung dunia.

c. Gunakan kesempatan yang ada selagi masih muda.

d. Tetaplah bekerja sebelum malam.

45. Silhuet

Gerimis telah menangis

Di atas bumi yang lelah

Angin jalanan yang panjang

Tak ada rumah. Kita tak berumah

Kita hanya bayang- bayang

Taufik Ismail

Baris pertama puisi di atas bermajas ….

A. metafora C. hiperbola

B. personifikasi D. perumpamaan

46. Perarakan Jenazah

Kami mengiringi jenazah hitam

Depan kami kereta mati bergerak pelan

Orang- orang tua berjalan menunduk diam

Dicekam hitam bayangan

Larik bermajas untuk melengkapi penggalan puisi tersebut adalah ….

A. Makam menyapa awan muram

B. Amboi ! Aku tercengang

C. Teringat kenangan yang kelam

D. Orang- orang berlalu – lalang

47. Dari Jakarta menuju Semarang

Jangan lupa beli pepaya

Engkau senang, aku senang

Karena kita memang saudara

Pantun balasan yang tepat isinya untuk pantun tersebut adalah …

  1. Makan gulai di atas batu

Kerasnya batu tak terasakan

Jika boleh aku bertamu

Datang bertamu sambil berjalan

  1. Jika engkau pergi ke Pati

Belikan aku sekilo duku

Jika engkau berbaik hati

Bantulah aku bawakan buku

  1. Jika kenyang karena makan

Janganlah lupa akan minum

Jika datang dengan ancaman

Akan kuterima dengan gembira

  1. Buah lengkeng enak rasanya

Beli murah di Temanggung

Kita memang bersaudara

Susah senang kita tanggung

48. Mak Ijah berkumur-kumur

…………………………….

Orang muda jangan takabur

……………………………

Larik-larik pantun yang tepat untuk melengkapi satu larik sampiran dan satu larik isi pantun di atas adalah …

  1. Kena getah daun labu

Cobaan Allah siapa tahu

  1. Rumah papan beratap lalang

Rela kakanda bersama hilang

  1. Merpati terbang sekawan

Lamun tuan dari pangkuan

  1. Siraut pembelah rotan

Adat dibaginya delapan

49. Sofi : “Sof, kamu seneng nggak kalau kita akhirnya bias liburan ke Singapura?”

Sofa : “….”

Sofi : “Kalau begitu besok pagi kita berangkat ke bandara bersama-sama jam 7 ya! Ingat, harus on time lo!”

Sofa : “Tentu, aku akan membawa camera untuk mengabadikan tempat-tempat indah di sana!”

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks rumpang pada naskah drama di atas yaitu ….

  1. “Aku sih seneng aja, tapi aku masih bingung mencari waktu senggangku untuk liburan ke Singapura.”
  2. “Aku masih ragu-ragu untuk berangkat sebab pasporku belum kuperpanjang masa berlakunya”.
  3. “Aku jelas seneng dong, tapi kita harus menunggu 1 minggu lagi sebab tugasku belum selesai kukerjakan”.
  4. “Wah aku seneng sekali, bahkan dari tadi aku sudah bersiap-siap berkemas menyiapkan barang-barang bawaanku”.

50. Sudah beberapa hari ini Afdel ketakutan. Temon mengancamnya untuk tidak

memberitahukan Udin bahwa dia yang telah mencuri uang Udin. Oleh karena

tidak kuat dengan ancaman Temon, Afdel melarikan diri ke rumah Udin. Di

rumah Udin ia membantu Udin berdagang koran. Karena merasa bersalah, Temon

mendatangi rumah Udin untuk meminta maaf kepada Afdel dan Udin. Afdel dan

Udin memaafkan Temon

Petikan naskah drama yang sesuai dengan cerita tersebut adalah ….

a. Temon : “Aku memang bersalah, maafkan aku!”

Udin : “Maaf sih gampang, kamu mau berubah tidak?”

Afdel : “Ya, yang penting kamu mau berubah.”

Temon : “Janji, aku mau berubah.”

Afdel : “Kami pegang janjimu, kami maafkan.”

b. Temon : “Aku memang bersalah. Itu bukan mauku!”

Udin : “Maunya siapa? Mencuri itu maumu kan?”

Afdel : “Ya, akui saja kamu yang mencuri.”

Temon : “Sekali lagi memang aku.”

Afdel : “Ya sudah, silakan pulang.”

c. Temon : “Aku memang bersalah. Aku yang mencuri uang itu.”

Udin : “Sekarang kamu mau apa? Mencuri lagi?”

Afdel : “Ya, akui saja kamu mau mencuri.”

Temon : “Aku mau minta uang saja’

Afdel : “Kami tidak punya uang!”

d. Temon : “Aku memang bersalah. Aku lancang.”

Udin : “Sekarang kamu mau apa? Mencuri lagi?”

Afdel : “Ya, itu kan kegemaranmu.”

Temon : “Bukan, sekarang aku bukan pencuri.”

Afdel : “Kalau begitu, silakan pulang.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar