Selasa, 15 Februari 2011

Rancangan Penilaian Hasil Belajar

Penilaian adalah proses sistematis meliputi pengumpulan informasi (angka, deskripsi verbal), analisis, interpretasi informasi untuk membuat keputusan.

Penilaian Kelas adalah proses pengumpulan dan penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan tentang pencapaian hasil belajar/kompetensi siswa.

Ciri Penilaian Kelas :

1. Belajar tuntas

2. Otentik

3. Berkesinambungan

4. Berdasarkan acuan kriteria / patokan

5. Menggunakan berbagai cara & alat penilaian

1. Belajar Tuntas :

Belajar Tuntas (mastery learning): peserta didik tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya, sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar, dan hasil yang baik.

“Jika peserta didik dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuannya untuk beberapa mata pelajaran dan diajarkan sesuai dengan karakteristik mereka, maka sebagian besar dari mereka akan mencapai ketuntasan”.

(John B. Carrol, A Model of School Learning)

Guru harus mempertimbangkan antara waktu yang diperlukan berdasarkan karakteristik peserta didik dan waktu yang tersedia di bawah kontrol guru (John B. Carrol)

“Peserta didik yang belajar lambat perlu waktu lebih lama untuk materi yang sama, mereka dapat berhasil jika kompetensi awal mereka terdiagnosis secara benar dan mereka diajar dengan metode dan materi yang berurutan, mulai dari tingkat kompetensi awal mereka”

(JH. Block, B. Bloom)

2. Penilaian Otentik :

a. Memandang penilaian dan pembelajaran secara terpadu

b. Mencerminkan masalah dunia nyata bukan dunia sekolah

c. Menggunakan berbagai cara dan kriteria

d. Holistik (kompetensi utuh merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap,)

3. Berkesinambungan :

Memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil terus menerus dalam bentuk Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, dan Ulangan Kenaikan Kelas.

  1. Ulangan Harian : selesai satu atau beberapa Indikator. (tertulis, observasi, penugasan, atau lainnya)
  2. Ulangan Tengah Semester : selesai beberapa Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan
  3. Ulangan Akhir Semester : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan.
  4. Ulangan Kenaikan Kelas : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester ganjil dan genap, dengan penekanan pada kompetensi dasar semester genap

4. Berdasar Acuan kriteria/patokan :

Prestasi kemampuan peserta didik TIDAK DIBANDINGKAN dengan peserta kelompok, tetapi dengan kemampuan yang dimiliki sebelumnya dan patokan yang ditetapkan

5. Menggunakan Berbagai cara dan alat penilaian :

  1. Mengembangkan dan menyediakan sistem pencatatan yang bervariasi
  2. Menggunakan penilaian yang bervariasi: Tertulis, Lisan, Produk, Portofolio, Unjuk Kerja, Proyek, Pengamatan, dan Penilaian Diri

TEKNIK /CARA PENILAIAN

  1. Unjuk Kerja (Performance)
  2. Penugasan (Proyek/Project)
  3. Hasil kerja (Produk/Product)
  4. Tertulis (Paper & Pen)
  5. Portofolio (Portfolio)
  6. Sikap
  7. Diri (Self Assessment)

a. Unjuk Kerja (Performance) :

pengamatan terhadapa aktivitas siswa sebagaimana terjadi (unjuk kerja, tingkah laku, interaksi)

Cocok untuk :

  1. Penyajian lisan: keterampilan berbicara, berpidato, baca puisis, berdiskusi.
  2. Pemecahan masalah dalam kelompok
  3. Partisipasi dalam diskusi
  4. Menari
  5. Memainkan alat musik
  6. Olah Raga
  7. Menggunakan peralatan laboratorium
  8. Mengoperasikan suatu alat

CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN DENGAN RATING SCALE

————————————————————————————————

Petunjuk : Beri Lingkaran pada angka yang sesuai untuk setiap kemampuan yang teramati pada waktu anak berpidato :

1 bila tidak pernah

2 bila jarang

3 bila kadang-kadang, dan

4 bila siswa selalu melakukan

—————————————————————————————————

Nama : Milatina

I. Ekspresi fisik (physical expression)

A. Berdiri tegak melihat pada penonton

1 2 3 4

B. Mengubah ekspresi wajah sesuai dengan perubahan pernyataan yang

disajikan

1 2 3 4

CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN DENGAN CHECKLIST

———————————————————————————

Petunjuk: Beri tanda centang (v) dibelakang huruf di mana kemampuan siswa teramati pada waktu berpidato.

———————————————————————————-

Nama: Milatina

I. Ekspresi fisik (physical expression)

—– A. Berdiri tegak melihat pada penonton

—– B. Merubah ekspresi wajah sesuai dengan perubahan pernyataan yang disajikan

—– C. Mata melihat kepada penonton

II. Ekspresi suara (vocal expression)

—- A. Berbicara dengan kata-kata yang jelas

—- B. Nada suaranya berubah-ubah sesuai pernyataan yang ditekankan

—- C. Berbicara cukup keras untuk didengar penonton

III. Ekspresi verbal (verbal expression)

—- A. Memilih kata-kata yang tepat untuk menegaskan arti

—- B. Tidak mengulang-ulang pernyataan

—- C. Menggunakan kalimat yang lengkap untuk mengutarakan suatu pikiran

—- D. Menyimpulkan pokok-pokok pikiran yang penting

b. Penugasan (Proyek) :
Penilaian terhadap suatu tugas yang mengandung penyelidikan yang harus selesai dalam waktu tertentu

Tugas: suatu investigasi dgn tahapan:

a. Perencanaan

b. Pengumpulan data

c. Pengolahan data,

d. Penyajian data

Bermanfaat menilai :

a. Keterampilan menyelidiki secara umum

b. Pemahaman & Pengetahuan dalam bidang tertentu

c. Kemampuan mengaplikasi pengetahuan dalam suatu penyelidikan

d. Kemampuan menginformasikan subyek secara jelas

CONTOH PENILAIAN PROYEK

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Jenjang : SMA

Kelas / Semester : XI

Contoh Kompetensi Dasar :

menganalisis bentuk-bentuk perilaku yang muncul sebagai dampak globalisasi (konsumerisme, gaya hidup)

Indikator :

a. Mengidentifikasi bukti-bukti globalisasi di lingkungan masyarakat (mis: dalam hal periklanan, pariwisata, migrasi, telekomunikasi)

b. Membuat daftar perubahan perilaku masyarakat setempat sebagai dampak globalisasi (mis: dalam hal makanan, perilaku, gaya hidup, pakaian, nilai-nilai, komunikasi, perjalanan, dan tradisi)

c. Membandingkan pandangan orang tua dan anak mengenai perubahan-perubahan yang terjadi akibat pengaruh globalisasi

Contoh Tugas Penilaian Proyek

—————————————–Lakukan penelitian sederhana di lingkungan sekitar mengenai pengaruh iklan di media cetak maupun di media elektronik terhadap gaya hidup anak SMA (cara berpakaian, pilihan makanan dan minuman, perilaku)

CONTOH FORMAT PENYEKORAN TUGAS PROYEK

ASPEK

KRITERIA DAN SKOR

3

2

1

PERSIAPAN

Jika memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan dengan lengkap.

Jika memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan kurang lengkap.

Jika memuat tujuan, topik, alasan, tempat penelitian, responden, daftar pertanyaan tidak lengkap

PENGUMPULAN

DATA

Jika daftar pertanyaan dapat dilaksanakan semua dan data tercatat dengan rapi dan lengkap.

Jika daftar pertanyaan dapat dilaksanakan semua, tetapi data tidak tercatat dengan rapi dan lengkap.

Jika pertanyaan tidak terlaksana semua dan data tidak tercatat dengan rapi.

PENGOLAHAN

DATA

Jika pembahasan data sesuai tujuan penelitian

Jika pembahasan data kurang menggambarkan tujuan penelitian

Jika sekedar melaporkan hasil penelitian tanpa membahas data

PELAPORAN TERTULIS

Jika sistimatika penulisan benar, memuat saran, bahasa komunikatif.

Jika sistimatika penulisan benar, memuat saran, namun bahasa kurang komunikatif

Jika penulisan kurang sistimatis, bahasa kurang komunikatif, kurang memuat saran

c. Hasil Kerja (Produk):
Penilaian terhadap kemampuan membuat produk teknologi dan seni

Penilaian Hasil Akhir dan Proses:

hasil akhir spt:

- makanan

- pakaian

- hasil karya seni: gambar, lukisan, pahatan

- barang-barang terbuat dari kayu, keramik, plastik, dan logam

proses spt:

- menggunakan teknik menggambar

- menggunakan peralatan dengan aman

- membakar kue dengan baik

Contoh
TUGAS PENILAIAN PRODUK

——————————————————-

Tugas: buatlah rancangan model yang menggunakan roda

Ketentuan:

- Gambar rancangan model

- Bahan untuk model tertulis dalam rancangan

- Tentukan spesifikasi bahan untuk model

——————————————————–

Tugas: Rancang dan buatlah mainan yang menggunakan roda.

ketentuan sebagai berikut (spesifikasidiberikan) :

jenis kayu: ………..

ukuran: …………………….

dst.

Penskoran tugas penilaian produk contoh 1:

No

Kriteria

skor



b

c

k

1.

Ada gambar rancangan model




2.

Bahan tertulis dalam model




3.

Spesifikasi bahan tertulis




4.

Unsur estetika




Kriteria penskoran :

B = gambar proporsional, bahan tertulis lengkap, spesifikasi bahan jelas

C = gambar kurang proporsional, bahan tertulis kurang lengkap, spesifikasi bahan kurang jelas

K = gambar tidak proporsional, bahan tertulis tidak lengkap, spesifikasi bahan tidak jelas

d. Tes Tertulis
Memilih dan Mensuplai jawaban

1. MEMILIH JAWABAN

- Pilihan ganda

- Dua pilihan (B – S; ya – tidak)

2. MENSUPLAI JAWABAN

- Isian atau melengkapi

- Jawaban singkat

- uraian

e. Portofolio :
Penilaian melalui koleksi karya (hasil kerja) siswa yang sistematis

a. Pengumpulan data melalui karya siswa

b. Pengumpulan dan penilaian yang terus menerus

c. Refleksi perkembangan berbagai kompetensi

d. Memperlihatkan tingkat perkembangan kemajuan belajar siswa

e. Bagian Integral dari Proses Pembelajaran

f. Untuk satu periode

g. Tujuan Diagnostik

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

a. Siswa merasa memiliki portofolio sendiri

b. Tentukan bersama hasil kerja apa yang akan dikumpulkan

c. Kumpulkan dan simpan hasil kerja siswa dalam 1 map atau folder

d. Beri tanggal pembuatan

e. Tentukan kriteria untuk menilai hasil kerja siswa

f. Minta Siswa untuk menilai hasil kerja mereka secara berkesinambungan

g. Bagi yang kurang, beri kesempatan perbaiki karyanya, tentukan jangka waktunya

h. Bila perlu, jadwalkan pertemuan dengan ortu

karya-karya yang dapat dikumpulkan melalui penilaian portofolio

a. Puisi

b. Karangan

c. Gambar / Lukisan

d. Desain

e. Paper

f. Sinopsis

g. Naskah pidato / khotbah

h. Naskah Drama

i. Rumus

j. Doa

k. Surat

l. Komposisi Musik

m. Teks Lagu

n. Resep Makanan

o. Laporan Observasi/ Penyelidikan / Eksperimen

Contoh Portofolio
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 1 Semester
Nama Siswa : _________________ Kelas : VIII/1

No

SK / KD

Periode

Kriteria

Ket.

Tata bahasa

Kosakata

Kelengkapan gagasan

Sistematika

penulisan

1.

Menulis karangan deskriptif

30/7






10/8






dst.






2.

Membuat resensi buku

1/9






30/9






10/10






Dst.






f. Penilaian Sikap

Penilaian terhadap perilaku dan keyakinan siswa terhadap obyek sikap

Cara:

a. Observasi perilaku: kerja sama, inisiatif, perhatian

b. Pertanyaan langsung: tanggapan thd tatib baru

c. Laporan pribadi: menulis pandangan ttg “kerusuhan antaretnis”.

Contoh Format Penilaian Sikap dalam praktek IPA :

No.

Nama

Perilaku

Nilai

Keterangan

Bekerja sama

Berinisiatif

Penuh Perhatian

Bekerja sistematis

1.

Tian







2.

Mila







3.

Hanan







4.

Hanin







g. Penilaian Diri

Menilai diri sendiri berkaitan dengan status, proses, tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya.

CONTOH PENILAIAN DIRI

PARTISIPASI DALAM DISKUSI KELOMPOK

Nama : —————————————————–

Nama-nama anggota kelompok : —————————————————–

Kegiatan kelompok : —————————————————–

Isilah pernyataan berikut dengan jujur. Untuk No. 1 s.d. 5, tulislah huruf A,B,C atau D di depan tiap pernyataan:

A : selalu C : kadang-kadang

B : sering D : tidak pernah

1. ——– Selama diskusi saya mengusulkan ide kpd klp utk didiskusikan

2. ——– Ketika kami berdiskusi, tiap org diberi kesempatan mengusulkan sesuatu

3. ——– Semua anggota kelompok kami melakukan sesuatu selama kegiatan

4. ——– Tiap orang sibuk dengan yang dilakukannya dalam kelompok saya

5. ——— Selama kerja kelompok, saya….

——— mendengarkan orang lain

——— mengajukan pertanyaan

——— mengorganisasi ide-ide saya

——– mengorganisasi kelompok

——– mengacaukan kegiatan

——– melamun

6. Apa yang kamu lakukan selama kegiatan berlangsung?

——————————————————————————————

SUMBER: Forster & Masters.1996.

Alur Pelaksanaan Penilaian

  1. Menetapkan indikator
  2. Memetakan SK, KD, Indikator dan kriteria ketuntasan belajar
  3. Menetapkan teknik penilaian
  4. Membuat alat penilaian & penyekoran

CONTOH FORMAT PEMETAAN

ASPEK

PENILAIAN

SK

KD

INDIKATOR

KRITERIA

KETUNTASAN

BELAJAR

TEKNIK PENILAIAN

PROY

PROD

TES

UN KERJA

DLL

MENDENGARKAN










BERBICARA










MEMBACA










MENULIS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar